4 Tips Berhenti Menangis di Tempat Umum

4 Tips Berhenti Menangis di Tempat Umum

Menangis itu wajar. Namun, menangis di depan umum bisa membuat Anda menjadi pusat perhatian. Lalu bagaimana membendung emosi agar tidak meluap dan menangis di depan umum. Nah, jika tidak ingin hal itu terjadi, yuk simak ulasan berikut ini tentang cara mengontrol diri agar tidak menangis di depan umum.

Mengapa orang dewasa masih menangis?

Dilansir dari WebMD, Stephen Sideroff, Ph.D., psikolog dari University of California Los Angeles & Orthopaedic Hospital menjelaskan bahwa menangis merupakan reaksi emosional yang normal ketika dihadapkan pada perasaan tertentu. Baik itu senang atau sedih.
Kecuali itu, meratap serta mempunyai tujuan lain, ialah guna membebaskan hormon banyak pikiran ataupun toksik dari dalam badan. Menangis juga bisa dilakukan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian orang lain. Karena itu, bukan hanya anak-anak atau bayi yang menangis. Orang dewasa juga bisa menangis jika dipicu oleh hal-hal yang bersifat emosional.

Bagaimana cara menghentikan diri Anda dari menangis di depan umum?

Menangis adalah salah satu cara terbaik untuk melepaskan stres. Namun, jika situasinya sangat tidak memungkinkan, Anda harus berjuang dengan sepenuh hati untuk menahan air mata. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan diri saat akan menangis di depan umum. Berikut penjelasannya.

  1. Mengatur nafas

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengatur nafas. Karena dengan mengatur nafas, kamu akan merasa lebih rileks sehingga secara perlahan, emosi yang tadinya bergejolak bisa diredam.
Untuk mulai mengatur napas, coba pejamkan mata, lalu tarik napas sedalam mungkin melalui hidung. Kemudian hembuskan napas sepelan mungkin melalui mulut. Ulangi terus, tetapi semakin lama semakin lembut dan lama.
Fokuskan benak kamu pada tiap-tiap jeratan nafas, misalnya sembari mencongak tiap-tiap jeratan serta embusan nafas. Ini dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari apa pun yang membuat Anda merasa sedih, takut, atau tidak berdaya.

  1. Berkedip
See also  4 Hal Yang Harus Diperhatikan Perusahaan Sebelum Menggunakan Cloud Selama WFH

Jika air mata tertahan di kelopak mata, Anda bisa berkedip beberapa kali dengan cepat. Bukan untuk menghapus air mata, tapi untuk mempercepat air mata untuk menyebar. Cara ini digunakan agar air mata tidak terlihat terlalu kentara.

  1. Segera tinggalkan tempat itu

Jika orang lain tahu bahwa Anda akan menangis atau Anda menghadapi sesuatu yang memicu tangisan Anda. Lebih baik segera pergi dari tempat itu. Mundur selangkah kemudian berbalik. Temukan tempat di mana Anda dapat melepaskan diri dari keinginan untuk menangis, seperti toilet atau tempat yang tenang.4 Tips Berhenti Menangis di Tempat Umum

  1. Alihkan pikiran Anda dengan sesuatu yang konyol

Hal ini dilakukan jika Anda tidak bisa keluar dari situasi tersebut. Mengalihkan perhatian Anda dari sesuatu yang membuat Anda menangis untuk sementara akan menangkal emosi yang meluap-luap. Terutama jika Anda membayangkan sesuatu yang lucu atau sesuatu yang Anda sukai.
Bayangkan atau ingat hal konyol yang pernah membuat Anda tertawa terbahak-bahak. Misalnya, ketika teman Anda jatuh karena tersandung. Ingat lelucon yang pernah Anda dengar dan putar ulang adegan itu sejelas mungkin. Meski tidak mudah, usahamu untuk mengingat sudah cukup untuk memecah konsentrasimu dari penyebab menangis.
Namun, perlu diketahui bahwa menahan air mata atau emosi yang Anda rasakan tidak baik untuk kesehatan fisik dan psikologis Anda. Jadi, begitu Anda berada di tempat yang aman, seperti di rumah, Anda bisa berbagi perasaan. Misalnya dengan menangis, menulis diary, atau curhat pada orang yang dipercaya.

Check Also

7 Risiko Jika Perusahaan Menerapkan Audit Berbasis Dokumen

7 Risiko Jika Perusahaan Menerapkan Audit Berbasis Dokumen

Auditor yang mengandalkan dokumen pengolah kata dan spreadsheet dapat dengan mudah menghadapi sejumlah risiko dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.