Bagaimana Memotong Biaya TI Dengan Infrastruktur Hyperconverged Karena

Bagaimana Memotong Biaya TI Dengan Infrastruktur Hyperconverged Karena

perusahaan bergantung pada teknologi canggih, kebutuhan perusahaan akan teknologi juga meningkat. Hal ini tentunya bisa membuat para pebisnis sedikit repot jika tidak dikelola dengan baik. Bagaimana tidak, perusahaan membutuhkan penyimpanan data dan jaringan yang lebih banyak, namun tim manajemen tetap harus menjaga anggaran agar tidak membengkak.
Pilihannya adalah tim IT harus memangkas biaya Total Cost of Ownership (TCO) atau membuat alokasi anggaran untuk efisiensi. Sayangnya, kedua opsi ini bukanlah solusi yang ideal, mengingat kebutuhan perusahaan akan teknologi yang terus meningkat. Di sisi lain, pelaku usaha dihadapkan tujuan untuk membuat perusahaan lebih kompetitif dan lebih baik dengan biaya yang lebih rendah.
Sayangnya, sebagian besar arsitektur data center saat ini tidak mendukung tujuan para pelaku usaha, karena semakin kompleksnya infrastruktur berbanding lurus dengan peningkatan biaya. Lalu bagaimana memangkas biaya TI tanpa mengurangi kebutuhan perusahaan akan teknologi?

Mengenal Infrastruktur

Hyperconverged Infrastruktur Hyperconverged adalah cara baru untuk memangkas biaya TI sambil tetap memungkinkan kebutuhan teknologi perusahaan terpenuhi. Pada dasarnya, HCI memvirtualisasikan tiga komponen utama infrastruktur TI: komputasi, penyimpanan, dan server/jaringan. Dengan kata lain, HCI menggabungkan server dan perangkat penyimpanan yang dapat mengubah pusat data menjadi lebih komprehensif dan mudah digunakan. Lalu bagaimana HCI bisa memangkas biaya IT perusahaan?

Skalabilitas

Solusi hyperconverged atau lebih sering disebut HCI merupakan infrastruktur yang lebih modular dan scalable jika dibandingkan dengan infrastruktur tradisional. HCI memungkinkan untuk scaling up dan scaling lebar. Scaling up adalah kemampuan untuk meningkatkan node dengan menambahkan CPU, RAM, jaringan, dan penyimpanan. Sedangkan scaling wide adalah kemampuan untuk menskalakan solusi di sejumlah lokasi.
Selain itu, HCI juga memiliki kemampuan untuk memprediksi biaya, sehingga memudahkan perusahaan untuk menganggarkan biaya TI di masa yang akan datang. Jika dibandingkan dengan HCI, infrastruktur TI tradisional lebih mahal. Seperti diketahui, umur komponen TI tidak sama. Bisa jadi tahun ini server perusahaan perlu direfresh, kemudian tahun depan storage perlu diupgrade atau jaringan perlu diupdate.
Dengan HCI, komponen TI menjadi lebih sedikit dan berdampak pada pengurangan biaya perawatan. Singkatnya, HCI menawarkan solusi tunggal yang membantu perusahaan memangkas biaya TI dengan mengintegrasikan infrastruktur tradisional ke dalam satu platform.

See also  6 Manfaat dan Keunggulan Cloud Computing untuk Bisnis

Konsolidasi Sumber Daya

Semakin banyak perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat diintegrasikan ke dalam solusi hyperconverged, semakin mudah infrastruktur untuk dikelola dan semakin rendah biaya operasional yang dikeluarkan oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa elemen pusat data yang dapat diintegrasikan ke dalam infrastruktur hyperconverged:

  • Penyimpanan
  • Server
  • Peralatan
  • deduplikasi Cache SSD
  • Perangkat lunak pencadangan dan pemulihan
  • Replikasi data

Otomatisasi

Setelah HCI diadopsi, pekerjaan umum dapat mulai dipantau dengan otomatisasi. Faktanya, otomatisasi adalah kunci untuk mengelola HCI. Penjadwalan dan skrip dapat disederhanakan dengan HCI. Dengan cara ini, tim TI tidak perlu menghabiskan waktu dan lebih banyak uang untuk membuat struktur otomatis yang memerlukan perangkat keras dari berbagai lini produk.Bagaimana Memotong Biaya TI Dengan Infrastruktur Hyperconverged Karena

Pengadaan dan Dukungan

HCI menyediakan pendekatan vendor tunggal untuk pengadaan, operasi, dan dukungan. Dengan model seperti ini tentunya HCI lebih terjangkau jika dibandingkan dengan sistem terintegrasi tradisional. Keuntungan menggunakan HCI semakin terasa ketika vendor HCI meluncurkan fitur dan update terbaru karena pengguna dapat langsung memanfaatkan fitur tersebut tanpa perlu mengganti hardware.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Bagaimana Memotong Biaya TI Dengan Infrastruktur Hyperconverged Karena“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.

Check Also

Sejarah Singkat Virus Komputer Yang Pernah Mengguncang Dunia

Sejarah Singkat Virus Komputer Yang Pernah Mengguncang Dunia

Virus komputer sudah ada sejak lama dan hampir semuanya menyebar di internet dan pendahulunya seperti …

Leave a Reply

Your email address will not be published.