Prediksi Tren Teknologi RPA di Industri Masa Depan

Prediksi Tren Teknologi RPA di Industri Masa Depan

Di era teknologi saat ini, banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba mencari cara untuk meningkatkan sistem dan kinerja di dalam perusahaan. Tujuannya tentu saja agar perusahaan bisa memaksimalkan efisiensi, memangkas biaya, dan meningkatkan produktivitas.
Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan memanfaatkan solusi yang melibatkan robot dalam menyelesaikan pekerjaan yang saat ini masih dilakukan secara manual.
Berawal dari sini, Robotic Process Automation (RPA) hadir sebagai solusi yang mampu melakukan serangkaian tugas berulang. Berkat teknologi otomatisasi di RPA, hal ini dapat meminimalkan kesalahan manusia, sehingga secara keseluruhan layanan dan kualitas produk dapat ditingkatkan.
Lebih lanjut, perusahaan konsultan manajemen McKinsey & Company, melaporkan bahwa saat ini ada lebih dari 45% pekerjaan yang dapat dilakukan oleh robot. Artinya RPA berpotensi memberikan dampak besar terhadap cara kerja perusahaan dan karyawan di masa depan.

Bagaimana RPA Bekerja?

RPA bergantung pada perangkat lunak untuk menangkap dan menafsirkan tindakan dan proses tertentu dalam suatu pekerjaan. Software ini kemudian akan mempelajari proses tersebut sehingga dapat melakukan pekerjaan secara otomatis. Pekerjaan itu sendiri dapat berkisar dari membaca CV untuk menemukan kandidat terbaik, hingga menjelajahi web untuk menemukan informasi harga terbaik.
Butuh kamu mengerti kalau RPA sanggup memberikan utilitas yang berarti untuk kongsi yang mau meninggikan kedayagunaan operasional sekalian kelebihan masuk akal. Sebagai informasi, industri pertama yang telah mengadopsi teknologi RPA adalah kesehatan, manufaktur, asuransi, dan jasa keuangan. Namun, saat ini teknologi RPA lebih umum digunakan dalam pemrosesan klaim dan analisis kredit.
Meski masih tergolong baru, daya tarik RPA dengan cepat menyebar ke berbagai industri dalam skala global. Banyak perusahaan yang secara aktif mencari cara baru dan efisien untuk memangkas biaya, hal ini membuat RPA hadir sebagai pilihan terbaik yang dapat diandalkan.
Menurut perkiraan dan analisis para ahli di seluruh dunia, RPA mampu meningkatkan pertumbuhan produktivitas dari 0,8 hingga 1,4 persen per tahun. Dengan bantuan RPA, karyawan dapat melakukan pekerjaan penting lainnya yang membutuhkan inovasi dan kreativitas.
Lebih lanjut, bagi The National Association of aplikasi and Services Companies:
“Praktik RPA bisa menciptakan industri menekan perkiraan sampai 35-65 persen buat pembedahan bumi serta 10-30 persen buat pembedahan bebas tepi laut. Sedangkan periode pemulihan investasi dapat dicapai dalam waktu 6-9 bulan.”

Dengan cara ini, tren teknologi RPA jelas tidak boleh diabaikan, karena teknologi ini dapat berdampak besar pada profitabilitas perusahaan di seluruh dunia.

See also  Unduh Mozilla Firefox 18

Prediksi Tren Teknologi RPA Masa Depan

Berdasarkan laporan terbaru dari Transparency Market Research, pada tahun 2020 tingkat pertumbuhan RPA di seluruh dunia diprediksi mencapai 60,5 persen. Itu berarti akan ada lebih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan robot dan mesin.
Saat ini, RPA sendiri hanya dapat digunakan dalam proses berbasis aturan. Meskipun banyak peneliti terus berupaya meningkatkan kecanggihan RPA, penting untuk diketahui bahwa teknologi ini tidak akan pernah bisa menggantikan pekerjaan yang membutuhkan sentuhan manusia, karena sangat sulit bagi robot untuk dapat meniru empati manusia.
Pada akhirnya, kehadiran RPA terbukti mampu membantu karyawan untuk lebih fokus pada pekerjaan yang jauh lebih kompleks dan membutuhkan kreativitas.Prediksi Tren Teknologi RPA di Industri Masa Depan

Gimana teknik memilah aplikasi RPA Terbaik buat kongsi kamu?

Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kriteria dalam memilih solusi RPA terbaik. Salah satu caranya adalah dengan membuat checklist yang berisi pilihan software dan vendor provider. Daftar ini akan memudahkan Anda untuk menilai kualitas perangkat lunak serta vendor dan kemudian menghubungkannya dengan hasil yang Anda harapkan.
Dalam memilih vendor sebaiknya memilih penyedia RPA yang berpengalaman, siap mendukung perusahaan untuk mencapai tujuannya, dan berorientasi pada solusi yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Melihat kriteria di atas, software RPA dari Gleematic bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Perangkat lunak RPA Gleematic menawarkan banyak manfaat yang dapat diterapkan oleh perusahaan dalam berbagai skenario dan situasi.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Prediksi Tren Teknologi RPA di Industri Masa Depan“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

See also  6 Manfaat dan Keunggulan Cloud Computing untuk Bisnis

Check Also

Sangfor Internet Access Gateway Solusi Internet Cepat untuk Perusahaan

Sangfor Internet Access Gateway Solusi Internet Cepat untuk Perusahaan

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sekunder, internet bukan lagi sekedar gaya hidup, setiap proses …

Leave a Reply

Your email address will not be published.