Mengetahui NFT dan Mengetahui Cara Menjualnya?

Mengetahui NFT dan Mengetahui Cara Menjualnya?

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan banyak peluang bagi setiap orang untuk mendapatkan penghasilan di dunia digital. NFT Marketplace menjadi perbincangan hangat terutama di awal tahun 2022.
NFT Marketplace merupakan platform khusus untuk transaksi berbagai aset digital Non-Fungible Token (NFT). Sampai hari ini, banyak orang telah berhasil mendapatkan keuntungan dari platform ini. Besarannya sendiri bervariasi, mulai dari jutaan hingga miliaran rupiah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, AMT IT Solutions akan membahas hal-hal penting dan mendasar terkait platform yang sedang naik daun ini.

Pengertian Non-Fungible Token (NFT)

Sebelum kita membahas lebih jauh, Anda harus mengetahui apa itu Non-Fungible Token. Sederhananya, NFT adalah aset digital dalam bentuk karya seni atau koleksi yang dapat dibeli dengan cryptocurrency.
Contoh NFT antara lain karya seni, klip video, musik, dan sebagainya dalam format digital, seperti JPEG, PNG, MP4. NFT menggunakan teknologi blockchain yang mirip dengan cryptocurrency. Bedanya, NFT bukan mata uang.
Sedangkan kata “non-fungible” sendiri artinya tidak dapat ditukar, sehingga pembeli memiliki aset asli tanpa ada yang bisa menirunya.

Bagaimana Menjual NFT?

Aplikasi NFT yang sedang dibahas adalah OpenSea. OpenSea sendiri adalah pasar perdagangan NFT dengan perputaran uang terbesar. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi pembeli, penjual, atau kreator NFT dalam bertransaksi.
Melalui platform OpenSea NFT, tidak ada batasan aset digital yang bisa diperdagangkan, mulai dari crypto kitties, artwork, domain name, hingga foto selfie. Sistem penjualan NFT di OpenSea juga cukup mudah sebagai berikut:
Buka website OpenSea.io dan login ke akun Anda. Jikalau kalian belum mempunyai akun, kalian bisa mencatat terlebih dulu.

  1. Klik ikon foto profil di kanan atas.
  2. Klik ‘Profil’.
  3. Pilih NFT yang ingin Anda jual dari dompet.
  4. Klik ‘Jual’ untuk diarahkan ke halaman penjualan.
  5. Pilih jenis dan harga jual yang Anda inginkan.
See also  Audit Sepenuhnya Peel Agile dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Dalam menentukan harga jual awal NFT, Anda tidak bisa hanya memasukkan harga, tetapi perlu strategi dan riset khusus tentang harga pasar rata-rata. Selain itu, Anda juga dapat menetapkan harga tetap atau lelang untuk aset yang Anda jual.
Jika ingin menggunakan sistem lelang, Anda bisa mulai dengan memasukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan harga ambang batas. Lama pemasaran mampu terjadi sepanjang satu hari, 3 hari, maupun seminggu.

Tips Sukses Menjual NFT

Meski sistem menjual NFT di atas terlihat mudah, faktanya untuk bisa meraup keuntungan yang optimal tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak taktik khusus untuk meningkatkan harga jual NFT dan berhasil memasarkannya. Apa saja tips sukses menjual NFT? Simak penjelasan berikut ini.Mengetahui NFT dan Mengetahui Cara Menjualnya?

Nama Akun Karakter

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun OpenSea dengan nama karakter mengikuti aset yang ingin Anda jual. Pastikan nama akun Anda mudah diingat dan dicari orang lain, serta cocok dengan target pasar Anda.

Riset Harga Pasar

Sebelum menetapkan harga jual NFT, Anda harus melakukan riset harga dari pasar NFT yang menjual aset yang serupa dengan milik Anda. Selain itu kamu juga harus mencari poin unik dari NFT yang kamu jual.
Setelah mencari data tentang pesaing, Anda dapat memperkirakan apakah NFT Anda akan dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi, sama, atau lebih rendah. Sebagai permulaan, mulailah dengan harga yang lebih rendah.

Membangun Hubungan Dengan Kolektor NFT

Membangun hubungan adalah metode yang ideal di banyak bisnis, seperti halnya NFT. Di NFT Anda juga perlu membangun hubungan baik dengan kolektor lain.
Anda dapat mulai mempromosikan NFT Anda dengan membagikannya di media sosial. Ini berguna untuk mencari calon pelanggan atau sebagai branding NFT Anda.

See also  Tips Antisipasi Ancaman Cyber ​​di 2022!

Akhir Kata

Itulah Artikel “Mengetahui NFT dan Mengetahui Cara Menjualnya?“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Check Also

7 Risiko Jika Perusahaan Menerapkan Audit Berbasis Dokumen

7 Risiko Jika Perusahaan Menerapkan Audit Berbasis Dokumen

Auditor yang mengandalkan dokumen pengolah kata dan spreadsheet dapat dengan mudah menghadapi sejumlah risiko dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.