5 Alasan Industri Sektor Keuangan Perlu Mengadopsi HCI

5 Alasan Industri Sektor Keuangan Perlu Mengadopsi HCI

Tanpa kita sadari, solusi termudah seringkali merupakan solusi terbaik. Bukan tanpa alasan, sebenarnya segala sesuatu yang terlalu kompleks biasanya disertai dengan risiko kegagalan atau gangguan yang relatif tinggi. Kompleksitas sistem dan risiko gangguan juga dapat ditemukan di pusat data di mana banyak kabel dan disk dikumpulkan di satu tempat yang rentan terhadap panas dan kebisingan akibat kebisingan mesin.
Seperti halnya pusat data, operasi sektor keuangan juga kompleks, karena sering dikaitkan dengan data berupa angka di layar. Di bidang keuangan, setiap komponen dalam infrastruktur perlu diperhatikan sedetail mungkin agar tidak menimbulkan gangguan yang dapat mengakibatkan kerugian yang besar. Bayangkan saja, dalam setiap gangguan yang terjadi, sektor keuangan berpotensi merugi hingga triliunan rupiah.
Atas dasar ini, industri sektor keuangan perlu mengadopsi infrastruktur yang sederhana namun andal. Salah satunya yang kami rekomendasikan yaitu Hyper Converged Infrastructure atau biasa disebut HCI. Selanjutnya kita akan membahas 5 alasan mengapa industri sektor keuangan perlu mengadopsi HCI, lengkap dengan penjelasannya.

Penerapan Cepat & Manajemen yang Efisien

Alasan pertama sektor keuangan perlu mengadopsi HCI adalah karena kinerjanya diakui jauh lebih cepat. Jika dibandingkan dengan solusi tradisional pada umumnya, kecepatan inilah yang dibutuhkan sektor keuangan. Perlu dicatat bahwa sektor keuangan adalah salah satu dari banyak sektor, di mana mesin operasi tidak pernah berhenti bekerja. Itu sebabnya, jika ada downtime, akan ada masalah besar.
Dengan mengadopsi HCI, proses networking di sektor keuangan dapat disederhanakan. Seperti yang telah dijelaskan, semakin sederhana proses jaringan, semakin sedikit waktu henti yang akan terjadi. Jika dibandingkan dengan platform HCI, manajemen tradisional masih membutuhkan serangkaian konsol manajemen yang sulit dikelola setiap hari. Sementara itu, HCI memiliki panel tunggal dan suku cadang yang dapat diotomatisasi. Keunggulan-keunggulan tersebut menjadikan HCI unggul dan perlu diperhitungkan penggunaannya di bidang keuangan.

See also  Sangfor Internet Access Gateway Solusi Internet Cepat untuk Perusahaan

Infrastructure As A Service

Alasan selanjutnya mengapa industri sektor keuangan perlu mengadopsi HCI adalah karena sistem infrastruktur ini menyediakan opsi Infrastructure as a Service, sebuah layanan yang mampu mengubah model infrastruktur TI di industri sektor keuangan. Kehadiran HCI dan Infrastructure as a Service yang ditawarkan mampu meminimalkan anggaran dan menghilangkan tanggung jawab pemeliharaan, hal ini karena tugas telah diambil alih oleh provider. Selain itu, dengan bantuan penyedia sektor keuangan juga dimungkinkan untuk menentukan skala kebutuhan bisnis.

Pemulihan Bencana

Pada bulan Maret 2021, perusahaan cloud , OVH, mengumumkan bahwa pusat datanya dilalap api dalam kebakaran besar yang terjadi di Strasbourg. Tak hanya OVH, sejumlah perusahaan lain dikabarkan mengalami kerugian besar setelah mengalami kehilangan data dan tidak memiliki rencana pemulihan bencana.
Melalui pekerjaan ini, tentunya perusahaan harus lebih siap dalam memitigasi risiko di masa mendatang. Dengan mengadopsi HCI, kecelakaan kayak OVH tidak bakal dirasakan. Sistem HCI telah dilengkapi dengan rencana pemulihan bencana dirancang khusus untuk mengantisipasi kehilangan data akibat bencana.5 Alasan Industri Sektor Keuangan Perlu Mengadopsi HCI

Memperbarui Perangkat Keras & Perangkat Lunak

Bayangkan banyaknya deretan server di pusat data. Saat salah satu bagian mengalami kerusakan, tidak salah jika Anda segera mengambil tindakan untuk segera menggantinya. Lalu, bayangkan jika Anda diberi tanggung jawab untuk mengupdate software keamanan di 200 PC sekaligus. Pasti repot kan?
Dengan HCI, pembaruan perangkat lunak pada 200 PC dapat dilakukan dengan mudah karena HCI menggabungkan semua server, penyimpanan, dan komputasi. Masih berbicara tentang kelebihan HCI, jika dibandingkan dengan data center tradisional, HCI tidak membutuhkan banyak ruang. Hal ini membuat HCI lebih mudah dirawat dan lebih murah jika ada bagian yang rusak yang perlu diganti.

See also  6 Manfaat dan Keunggulan Cloud Computing untuk Bisnis

Mengurangi Total Cost of Ownership (TCO)

Berbeda dengan data center tradisional yang membutuhkan biaya awal yang besar, mengadopsi HCI dapat mengurangi TCO karena perusahaan dapat menambah atau mengurangi infrastruktur sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Selain itu, dengan meniadakan data center dan menggantinya dengan HCI, beban perusahaan dapat ditekan dari alokasi biaya data center yang banyak memakan listrik. Alasan lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah infrastruktur sederhana yang ditawarkan oleh HCI berarti perusahaan tidak perlu mengerahkan banyak teknisi. Staf teknis akan jauh lebih fokus pada tugas-tugas lain yang lebih diprioritaskan.

Akhir Kata

Itulah Artikel “5 Alasan Industri Sektor Keuangan Perlu Mengadopsi HCI“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.

Check Also

Sangfor Internet Access Gateway Solusi Internet Cepat untuk Perusahaan

Sangfor Internet Access Gateway Solusi Internet Cepat untuk Perusahaan

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sekunder, internet bukan lagi sekedar gaya hidup, setiap proses …

Leave a Reply

Your email address will not be published.