Tips Antisipasi Ancaman Cyber ​​di 2022!

Tips Antisipasi Ancaman Cyber ​​di 2022!

Ancaman siber kini menjadi mimpi buruk bagi perusahaan dan organisasi. Tim manajemen perlu menyiapkan berbagai antisipasi guna meminimalisir kebocoran data dan kerugian material.
AMT IT Solutions berikut memberikan tips untuk menghindari ancaman cyber yang semakin agresif di tahun 2022, antara lain sebagai berikut:

1. Lindungi Perangkat dengan Benar

Melindungi perangkat adalah salah satu langkah dasar yang perlu dilakukan setiap perusahaan. Perlindungan dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi terkini yang terbukti mampu menangkal ancaman siber, seperti antivirus, anti spyware, firewall, dan anti ransomware. Aplikasi ini dapat diperoleh dari penyedia layanan keamanan internet seperti AMT IT Solutions.
Selain itu, perusahaan juga dituntut untuk lebih mengetahui software yang digunakan. Pastikan perusahaan menggunakan software yang legal, karena dapat melindungi perangkat dengan maksimal. Hal ini tentu berbeda dengan software bajakan. Selain itu, sudah pasti ilegal, perangkat lunak bajakan tidak akan dapat melindungi perangkat dari ancaman dunia maya.

2. Pembaruan Sistem Terjadwal

Pengembang aplikasi atau perangkat lunak pasti akan melakukan upgrade untuk memperbaiki bug atau cacat desain pada perangkat lunak pada sistem sebelumnya. Tidak hanya itu, upgrade juga dapat menambah sistem keamanan dan meningkatkan kualitas keamanan.
Untuk itu sangat penting untuk mengupdate sistem secara berkala guna melindungi sistem yang digunakan oleh perusahaan.
Umumnya, pengembang menawarkan pembaruan sistem otomatis kepada pelanggan mereka dengan tujuan untuk memudahkan pembaruan. Dengan cara ini, perusahaan tidak perlu lagi memeriksa dan memperbarui sistem yang mereka gunakan satu per satu.

3. Melakukan Copy Data

Hal ini sering diremehkan oleh banyak orang, yaitu tidak melakukan copy atau backup data. Padahal, kegiatan ini sangat penting bagi individu, terutama perusahaan yang memiliki banyak data penting.
Selain itu, setiap perusahaan perlu memastikan bahwa salinan datanya disimpan di tempat yang aman. Jika penyimpanan berada di drive eksternal, pastikan untuk tidak terhubung ke komputer atau jaringan lain agar tidak mudah terinfeksi ransomware.
Agar aman lagi, perusahaan menggunakan enkripsi pada drive atau folder eksternal yang digunakan. Dengan cara ini, penjahat dunia maya tidak akan dapat membaca data yang disimpan.

See also  Pengertian, Jenis, dan Fungsi Virtualisasi Bagi Perusahaan

4. Ganti Password Secara Berkala

Apakah password yang digunakan seperti password yang banyak digunakan orang, misalnya pass123, 12345, abcdef atau lainnya? Jika iya, jangan ragu untuk segera mengganti password dengan yang lebih kuat, karena password tersebut masih dalam kategori lemah dan mudah diretas oleh para pelaku kejahatan siber.
Setiap pengguna akun dapat membuat kata sandi yang relatif aman dengan menggabungkan elemen huruf besar dan kecil, angka, dan karakter. Selain itu, pengguna juga perlu mengganti password secara terjadwal, misalnya setiap dua bulan atau tiga bulan sekali.
Jika pengguna takut lupa, pemilik akun dapat menuliskannya di tempat yang aman dan hanya dirinya sendiri yang tahu.Tips Antisipasi Ancaman Cyber ​​di 2022!

5. Manfaatkan Two Factor Authentication

Two Factor Authentication atau 2FA atau Two Factor Authentication dapat meningkatkan keamanan secara signifikan. Penjahat dunia maya tetap dapat melakukan pencurian data, meskipun mereka tidak akan dapat merusaknya lebih lanjut berkat kode keamanan yang harus dilewati. Kode ini merupakan lapisan keamanan tambahan di atas 2FA.
Cara ini sangat direkomendasikan bagi pengguna yang sering melakukan tugas-tugas krusial seperti transaksi antar perusahaan satu dengan lainnya.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Tips Antisipasi Ancaman Cyber ​​di 2022!“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
Jangan Lupa untuk share ke teman kalian dan kerabat kalian, agar mereka juga ikut mendapatkan Wawasan Terbaru juga.
Jika Ada kekurangan atau kritik dan saran jangan sungkan untuk komentar yah, karna itu sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik lagi.

Check Also

Bagaimana Memotong Biaya TI Dengan Infrastruktur Hyperconverged Karena

Bagaimana Memotong Biaya TI Dengan Infrastruktur Hyperconverged Karena

perusahaan bergantung pada teknologi canggih, kebutuhan perusahaan akan teknologi juga meningkat. Hal ini tentunya bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published.